Waka Abdihumas Kak Siswadi ajak Pramuka ubah sampah jadi berkah

Foto : Waka Abdimas Humas Kwarcab Lingga berikan arahan

Linggautara – Wakil ketua Bidang Pengabdian masyarakat dan Hubungan masyarakat mengajak yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siswadi, mengajak pembina pramuka untuk mencintai lingkungan dengan merubah sampah menjadi berkah. Hal ini disampaikannya saat mengisi materi Lingkungan hidup di kegiatan karang pamitran 2018 di Tugu Agrominapolitan.

Dalam pemaparannya Kak Siswadi mengajak para pembina dan adek-adek penegak untuk terus mencintai Lingkungan, salah satunya adalah dengan berinovasi untuk menjadikan sampah bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Hal ini menurutnya juga sudah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-harinya dengan membuat berbagai inovasi untuk dari barang bekas pekai menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Dinas LH sendiri juga memiliki Bank sampah nanti kita bisa saling bersinergi,” sebutnya.

Dalam kesampatan tersebut Kak Siswadi mengaku dirinya sudah cukup lama berkecimpung dengan Pramuka, dan organisasi ini selalu menjadi bekalnya kemanapun saat merantau. “Saya selalu bawa baju Pramuka kemanapun pergi,” sebutnya.

Sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang diembannya saat ini Kak Siswadi juga ingin menjadikan pramuka sebagai mitra strategis dari Dinas Lingkungan Hidup salah satunya adalah dengan membentuk Saka Kalpataru. Dalam pembentukan saka nanti dirinya akan mengajak seluruh jajaran di Kwartir Cabang untuk ambil bagian.

Sementara itu pendapatnya mengenai kegiatan yang dilaksanakan di Lingga utara tersebut, merupakan momen yang sangat tepat salah satunya sampai hari ini belum ada solusi tentang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya banyak masyarakat Lingga utara khususnya pancur yang membuang sampah kelaut. Hal ini nantinya akan menjadi prioritas dan tugas dari Kwarcab Lingga sesuai dasa darma Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kak Siswadi mengajak pengurus kwarran Lingga Utara dan adek-adek DKR nya untuk mendirikan Bank Sampah di Kelurahan Pancur Lingga utara. Dengan begitu hasil dari penjualan Bank Sampah tersebut akan sangat membantu penganggaran berbagai kegiatan di Kwarran Lingga utara.

“Nanti saya akan ajak rekan-rekan dari Pramuka untuk datang ke Dabosingkep, melihat proses kegiatan di Bank Sampah Singkep sehingga dapat diadopsi di Lingga utara ini,” sebutnya.

(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *