Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

Kalimat penutup yang diungkapkan kak Djunaidi Adjam saat mengisi materi karang pamitran di SMA Negeri 2 Singkep, “Saya selalu mengingat Dasa Darma nomor sepuluh dalam memimpin,” Begitulah ungkapan Ketua Kwartir Cabang Lingga dihadapan sembilan puluh lima orang pembina dari berbagai kwartir ranting di Kabupaten Lingga.

Kak Djunaidi saat menyampaikan materi

Apa isi dari Dasa Darma nomor sepuluh adalah “Suci Dalam pikiran perkataan dan perbuatan,” Darma kesepuluh bagi anggota Pramuka ini menurut kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, ini memiliki makna yang begitu mendalam dalam menentukan calon pemimpin yang berintegritas. Karna berbagai teori yang menyatakan, sikap seorang pemimpin yang dapat diketahui hanya sepuluh persen dari tingkah laku diluarnya.

Selebihnya kita harus menentukan sendiri apakah kita layak dalam memimpin, karna apa yang kita janjikan apa yang kita sampaikan belum tentu sepenuhnya dapat diterima oleh bawahan atau atasan kita. “Diatas langit masih ada langit,” begitulah filosofi seorang pemimpin yang disampaikan Kak Junaidi.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan anggota muda memiliki peranan yang sangat penting dalam mencetak, generasi-generasi muda yang handal. Pemimpin-pemimpin yang benar-benar mengamalkan dasa darma, sehingga para pembina pramuka memiliki tanggung jawab yang begitu besar dalam memikul beban sebagai pembina.

“Setiap kita adalah pemimpin, terutama memimpin diri kita sendiri,” ujarnya.

Menyampaikan materi lebih kurang satu jam, Kak Djunaidi Adjam mendapat banyak pertanyaan dari para peserta KMD, materi yang diberikan oleh Ka Kwarcab ini seakan sangat melekat bagi para peserta. Sehingga para peserta banyak melontarkan berbagai pertanyaan seputar bagaimana cara memimpin.

kak Usman saat memberikan materi

Drs. Djunaidi Adjam mungkin adalah orang baru dari Gerakan Pramuka Lingga, dirinya mengaku sempat aktif di Pramuka pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meski begitu Ketua Kwarcab Lingga ini bukanlah orang baru dalam memimpin berbagai organisasi di pemerintahan dan organisasi diluar pemerintah.

Dirinya beberapa kali menduduki jabatan strategis di pemerintahan mulai dari kepala OPD, hingga sempat menjabat sebagai Pelaksana tugas Sekda Lingga. Demikian juga diluar pemerintagan selain sebagai Ketua Kwarcab Lingga, dirinya saat ini juga menjabat beberapa posisi penting di Organisasi seperti KONI, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan beberapa organisasi lainnya.

Liputan : Asraf
Editor : HUM45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *