Masyarakat antusias saksikan malam api unggun penutupan karangpamitran

Linggautara – Karang Pamitran Pramuka tahun 2018 yang digelar di Desa Sungai Besar Kecamatan Lingga utara, resmi di tutup oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang dengan disejalankan upacara tradisi api unggun dan atraksi-atraksi dari para peserta dan tuan rumah dari Kwarran Lingga utara.

Acara yang dimulai pada pukul 21.00 Wib tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Desa yang ada di wilayah Lingga utara dan lurah pancur. Masyarakat terlihat sangat antusias menunggu api unggun dinyalakan, bahkan mereka rela berjam-jam berkumpul ditugu Agrominapolitan hanya untuk menyaksikan Api unggun yang telah dibuat oleh panitia.

Lurah Pancur dan Kades Sungai besar nyalakan Api Unggun (Meidityaputra_CBC)

Tradisi api unggun memang tidak lekang oleh waktu, upacara tradisi ini seakan menjadi pelengkap dalam setiap perkemahan Pramuka sehingga tak heran api unggun ini selalu dinanti oleh masyarakat karena keunikan api unggun pramuka di desain khusus dengan suara ledakan dan api yang menyambar indah.

Kepala Pusdiklatcab Lingga saat menutup acara

Kepala Pusdiklatcab Lingga Ferry Eka Putra mengatakan dengan berakhirnya kegiatan tersebut, pembina pramuka diharapkan tetap dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan anggota muda. Target materi pencapaian Karangpamitran tahun 2018 terlaksana cukup baik dengan menghadirkan diskusi materi lima persen ilmu kepramukaan dan lima puluh persen program pemerintah daerah.

Adapun Materi Pramuka yang diajarkan antara lain, tentang penyusunan program masing-masing gugus depan membuat berbagai rangkaian program yang kreatif untuk menunjang pendidikan atau pembinaan cikal bakal daerah bangsa dan negara. Kemudian peserta juga diajak untuk menyelesaikan target SKK dan TKK untuk pencapaian Pramuka Garuda serta penjelasan tentang Satuan Karya Pramuka.

“Untuk materi dari Pemerintah kita ajak pembina untuk mengetahui lebih detail tentang target dari program pemerintah daerah,” ujarnya.

Adapun materi dari program pemerintah daerah antara lain peningkatan wisatawan, UKM dan pasar, Lingkungan hidup, dan program pertanian. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *