Pembentukan saka kalpataru dinas lingkungan hidup kabupaten lingga

Foto bersama seluruh anggota saka kalpataru dan majelis pembimbing

Dabosingkep-Satuan Karya Pramuka Kalpataru Lingga, resmi dikukuhkan menjadi satuan karya tingkat cabang Pramuka Lingga pada kegiatan Sosialisasi yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Senin (3/12/2018).
Ketua Kwartir cabang Pramuka Lingga, Djunaidi Adjam saat membuka sekaligus mengukuhkan pengurus satuan karya Kalpataru Pramuka Lingga mengatakan, dengan dibentuknya Saka Kalpataru akan semakin memperkuat perananan gerakan Pramuka dalam mendukung program-program pemerintah salah satunya adalah di bidang Lingkungan Hidup, karena Saka Kalpataru fokus pada kegiatan-kegiatan cinta lingkungan.

Gotong-royong anggota saka kalpataru

“Kita selama ini selalu hadir dalam mendukung program pemerintah, dan dengan adanya Saka Lingkungan hidup ini akan semakin memperkuat peranan kita dibidang lingkungan hidup khususnya dalam mendukung Adipura,” kata Ketua Kwarcab Lingga yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Junaidi Adjam.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Siswandi mengatakan kegiatan tersebut digelar selama dua hari, mulai dari Sabtu hingga Minggu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dikemas dengan berbagai macam kegiatan daur ulang dan game-game yang membuat para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Ada game-game seru dan ada berbagai inovasi juga yang kita kenalkan kepada anak-anak sehingga mereka semakin cinta lingkungan,” ucapnya.

Sebagai pemateri pada kegiatan tersebut langsung didatangkan dari Pusdiklatcab Lingga, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup sendiri, serta Ketua Kwartir Cabang Lingga Junaidi Adjam. Adapun peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut berjumlah kurang lebih 30 orang yang diwakili dari tiga sekolah 13 orang dari SMA Negeri 2 Singkep, 7 orang dari SMK Negeri Singkep dan dua orang dari SMA Negeri 1 Singkep.

Saka Kalpataru sendiri dari terdiri dari tiga Krida yaitu, Krida 3 R yang salah satunya tentang pengelolaan sampah, Krida perubahan iklim dan krida konservasi keanekaragaman hayati. Yang seluruhnya dikemas untuk menjadikan para anggotanya lebih mencintai dan menjaga lingkungan.

Sumber: batam today. Com

Editor: Lazuardi tata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *